Lurus Jalan Terus

by

Negara saya sedang di ujung perubahan. Hasilnya bisa menyenangkan atau mungkin tak sesuai harapan. Teman saya was-was akan hantu lama yang datang tanpa diundang. Sedang yang lain ketakutan, katanya serangan akan datang merusak ajaran.

Saya ada dimana?

Menjadi makhluk mayoritas tiga kali di negara ini memang memberi saya banyak keuntungan. Saya punya ruang yang cukup untuk berpikir pelan-pelan. Saya percaya banyak kebaikan di sekitar saya. Dan si pembenci mungkin sedang punya masalah di rumahnya.

Hari ini saya makin optimis melihat sosok pemimpin yang tulus bekerja. Perjalanan bangsa yang katanya acak-acakan ini ternyata bisa melahirkan orang seperti beliau. Dan ia hanya satu diantara yang banyak. Saya jadi berpikir, mungkin masa depan baik bukan dibangun oleh dia yang punya visi besar, namun seorang realistis mampu melakukan perbaikan satu demi satu.

Saya tidak takut.

Pak Jonan, semoga engkau jadi menteri perhubungan.




Whatever happened to
The life that we once knew?
Can we really live without each other?
Where did we lose the touch
That seemed to mean so much?
It always made me feel so...
Free as a bird
-free as a bird, the beatles-